NEWS24.CO.ID

International

AIPA Sepakat Batasi Temperatur Dunia

NEWS24.CO.ID

aipa aipa
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Agus Hermanto mengajak negara-negara di ASEAN terutama yang tergabung dengan Asean Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) untuk mempertahankan perubahan iklim dengan terus membatasi temperatur dunia seusai dengan Paris Climate Conference (COP21).

 

"Kalau kita lihat, AIPA ini masih bermuara dari Sustainable Development Goals (SDGS) yang memang semua negara sepakat mempertahankan perubahan iklim menuju energi bersih," ungkap Agus, Selasa (27/8/2019).

 

Dirinya menilai, apa yang sudah dilakukan di Indonesia sudah tepat. Yakni, Indonesia sudah menuju energi yang bersih dan pelan-pelan meninggalkan fosil menuju energi terbarukan, bahkan kedepan berpikir energi baru.

 

Agus juga menyoroti tentang sampah maritim di kawasan ASEAN yang sudah sangat mencemari lingkungan laut yang sebelumnya juga disorot oleh Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha karena Thailand terkena langsung dampak pencemaran laut. "Perdana Menteri tadi menghimbau  negara - negara Asean fokus mengatasi sampah maritim, karena dari sampah-sampah ini  akan banyak menimbulkan akses daripada perubahan iklim,"ucapnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha mengatakan, Thailand sebagai tuan rumah AIPA ingin mengatasi isu lingkungan hidup tersebut. Dalam KTT ASEAN ke 34 di Bangkok, para pemimpin negara setuju mengadopsi Deklarasi Bangkok untuk mengatasi sampah laut di kawasan Asia Tenggara.

 

"Kami menyadari bahwa negara anggota Asean harus mengambil langkah nyata dan bekerjasama mengatasi permasalahan sampah maritim. Ini menjadi keprihatinan kita bersama, mengurangi sampah plastik, sampah laut dan maritim menjadi kepentingan kita bersama," jelasnya sembari mengajak, agar memperkuat kerjasama kawasan dalam melindungi lingkungan hidup dan berharap AIPA dapat menindaklanjuti deklarasi tersebut untuk kebaikan bersama. (Bisma Rizal)

Loading...

Related Article