NEWS24.CO.ID

Otomotif

Ini Penyebab Kalahnya Honda RC213V di Tikungan Terakhir Oleh Suzuki

NEWS24.CO.ID

Marc Marquez ditikung Alex Rins di MotoGP Inggris 2019 Marc Marquez ditikung Alex Rins di MotoGP Inggris 2019
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Berlangsungnya race MotoGP Inggris 2019 sangat menegangkan. Para rider berusaha mencari posisi terdepan untuk mendapatkan poin. Sejak awal lao banyaj insiden seru di sirkuit Silverstone itu. Dan momen lap terakhirlah yang membuat penonton samoai berteriak.

Aksi Alex Rins dengan mengendarai Suzuki menyalip Honda RC213V Marc Marquez dan mencatatkan selisih waktu 0.013 detik di garis finis. 

Rins memanfaatkan kelemahan Marquez di tikungan Club, , sehingga bisa meraih posisi terdepan. Rins membaca kelemahan pertama Marquez, adalah konfigurasi mesin V4 milik Honda RC213V Repsol Honda.

Biarpun secara topspeed unggul, rupanya akselerasi saat keluar tikungannya tidak sebaik mesin inline-4. Hal ini diakui juga oleh Valentino Rossi sampai Fabio Quartararo, yang menggunakan Yamaha YZR-M1 dengan mesin inline 4.

Makanya pembalap dengan motor mesin inline-4, bisa tampil cepat saat sesi kualifikasi di Sirkuit Silverstone seperti Valentino Rossi yang posisi start ke-2.

Paling jelas ada di tikungan akhir yang butuh akselerasi cepat, dan dimanfaatkan Alex Rins untuk menyalip Marquez dengan tipis.

Faktor yang kedua berasal dari Marc Marquez sendiri. Pembalap dari Spanyol ini, kurang pede menggeber maksimal motornya di tikungan Club. Ini terlihat sejak latihan bebas pertama, dan jadi sorotan para netizen. Marquez sendiri tidak target menang, karena dia cukup finish di depan Dovizioso agar catatan klasemennya semakin jauh. Makanya, kelemahan Marquez itu dimanfaatkan Alex Rins, dan ia berhasil menjadi juara MotoGP Inggris 2019.

Pengguna mesin inline-4 yang bisa tampil baik sendiri, adalah Maverick Vinales. Rekan setim Valentino Rossi di Monster Energy Yamaha ini, bisa menyodok dan meraih podium ke-3.

Loading...

Related Article