NEWS24.CO.ID

Pekanbaru

Awas penipuan, Pemko Pekanbaru Tak Pernah Lelang Mobil Murah

NEWS24.CO.ID

Mobil lelangan Mobil lelangan
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Pemerintah Kota Pekanbaru melelang sejumlah mobil bekas mobil dinas. Namun, tidak ada mobil murah yang dilelang. Jika ada, itu merupakan sebuah modus penipuan

Humas Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru, David memastikan bahwa selebaran barang yang dilelang dengan harga lebih murah merupakan modus penipuan.

Kepastian itu diutarakannya setelah RIAU1.COM, Selasa, 21 Agustus 2019 memberikan langsung selebaran yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) atau KPKNL yang marak beredar di kalangan masyarakat Riau.

"Itu palsu," sebutnya singkat. Menurutnya, modus seperti ini marak terjadi karena masyarakat tergiur dari barang yang ditawarkan. Diperparah dengan ketidaktahuan proses pelelangan dan prosedur lelang yang diselenggarakan oleh negara.

Pengertian lelang sendiri merupakan penjualan barang terbuka untuk umum dengan penawaran harga secara tertulis atau lisan yang semakin meningkat atau menurun untuk mencapai harga tertinggi didahului dengan Pengumuman Lelang.

Sebelum tergiur, kenali dahulu akun sumber informasi lelang baik atas nama perorangan maupun instansi," jangan pernah percaya dengan tawaran manis siapapun, karena kita tidak pernah tau apa motif di balik janji tersebut," sebutnya.

Apa lagi penipuan lelang mengatasnamakan DJKN atau KPKNL melalui media sosial. Setiap akun resmi media sosial DJKN ataupun KPKNL tidak hanya berisi informasi tentang lelang tapi juga berisi kegiatan-kegiatan lainnya.

Barang yang sering ditawarkan oleh para penipu seperti kendaraan dan alat elektronik dalam kondisi baru atau bekas pakai dengan kondisi menyerupai baru. Sementara dari data pelaksanaan lelang yang dilakukan oleh KPKNL, kebanyakan merupakan barang bekas pakai yang masih memiliki nilai ekonomis.

Sehingga cara paling mudah untuk mendapatkan informasi lelang adalah dengan membaca pengumuman lelang secara lengkap yang memuat identitas penjual, barang yang akan dijual lelang, tempat dan waktu lelang hingga informasi-informasi lain yang diperlukan. Atau langsung cari barang yang diinginkan melalui https://lelang.go.id/

Loading...

Related Article