NEWS24.CO.ID

Pelalawan

Kapolri, Panglima TNI, Menteri Siti dan Kepala BNPB Pegang Selang Air Padamkan Karhutla di Riau

NEWS24.CO.ID

Pemadaman Karhutla di Pelalawan Pemadaman Karhutla di Pelalawan

NEWS24.CO.ID -Pekatnya kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) membuat Presiden Jokowi menginstruksikan pihak yang terkait untuk segera turun tangan menyelesaikan permasalahan yang sering terjadi pada Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. Hal ini karena dampak kabut asap telah menyebabkan sejumlah kerusakan dan juga terganggunya kesehatan.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri LHK Siti Nurbaya dan Kepala BNPB Doni Munardo sejak Selasa (12/8) telah berada di Riau. Dan pada hari ini mereka mengunjungi titik lahan terbakar di Riau. Kunjungan ini dalam rangka pengecekan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Prajurit TNI-Polri dan BPBD Riau tengah berjibaku lakukan pemadaman ketika helikopter yang mengangkut para pejabat mendarat. Hadi bersama Tito pun terlihat turut melakukan penyemproran air dengan selang besar di titik panas guna memadamkan api di dalam lahan gambut.

"Mari Pak, ikut siram," ajak Hadi ke Tito di Technopark, Langgam, Pelalawan, Riau, Selasa (13/8/2019).

Tanpa sungkan, Kapolri pun langsung memanggul selang air berukuran besar di pundak kirinya. Marsekal Hadi dan Kapolri Tito kemudian memanggil Menteri LHK Siti dan Kepala BNPB Doni untuk bersama-sama memegang selang dan menyemprotkan air ke lahan yang berasap.

"Kalau di permukaan hanya kelihatan asap, dalamnya itu ada apinya," ucap Tito sambil menunjuk ke arah sumber asap.

Usai melakukan penyiraman, Hadi memanggil beberapa prajurit dan menanyakan kondisi mereka. Marsekal Hadi emudian memberi seragam baru kepada prajurit TNI yang mengaku telah tiga hari berada di lokasi itu.

Hadi mengatakan, dari hasil pantauan udara, titik api tersebar hampir di seluruh wilayah di Kabupaten Pelalawan, Riau. "Dari udara tadi kita lihat semuanya hampir terlihat bahwa titik titik api itu tersebar. Tapi tidak semuanya terbakar, ada sebagian terbakar, tapi sebagian kecil, hanya asapnya. Api juga tidak begitu besar," kata dia.

 

 

#karhutla #riau 

 

NEWS24.CO.ID

Can be read in English and 100 other International languages


Related Article