NEWS24.CO.ID

Riau

Modernisasi Lahan Sebagai Pencegehan Karhutla Belum Efektif, DPR: Lebih Baik Berikan Lahan Tetap Pertanian

NEWS24.CO.ID

Kebakaran hutan dan lahan Kebakaran hutan dan lahan

NEWS24.CO.ID - Rencana Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk modernisasi pertanian sebagai sarana pencegahan Kebakaran Hutan dan Lingkungan (Karhutla) dinilai belum efektif.

Menurut Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan, jika yang dimaksudkan adalah membantu pertanian maka pemberian lahan lah yang harus didahulukan dulu. "Agar tidak jadi ladang berpindah," ujarnya saat dihubungi News24, Selasa (13/8/2019).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu menyebutkan, dengan adanya lahan yang pasti masyarakat sekitar hutan pun tidak akan membuka lahan baru sehingga pembakaran hutan tidak terjadi. "Jadi petani menetap, sehingga tidak pindah-pindah buka lahan baru lagi," jelasnya.

Kemudian soal peralatan yang dijanjikan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Daniel melihat tidak ada peralatan yang bisa menjadi pembuka lahan. Diantaranya, traktor roda dua, traktor roda empat, pompa air, rice tranplanter, chopper, cultivator, excavator, hand sprayer, alat tanam jagung, backhor loader, rotatanam, grain seeder, mist blower, dan penyiang gulma. "Alat-alat itu mana bisa membuka lahan? Chainsow kalau untuk buka lahan," jelasnya.

Ketika ditanya apakah sebaiknya pemerintah lah yang membuka lahan untuk para petani. Daniel pun sepakat. "(Karena) pemerintah perlu beri alternatif kemudahan agar tidak membakar," tuturnya.

Seperti diketahui, Menteri LHK Siti Nurbaya menyebutkan, bersama dengan Kementerian Pertanian akan melakukan modernisasi sektor pertanian. Hal ini untuk menghilangkan kebiasaan masyarakat khususnya Provinsi Riau yang selalu membuka lahan dengan cara di bakar. "Arahan presiden sudah jelas. Jadi presiden mengarahkan dibantu saja dengan pertanian (modernisasi sektor pertanian)," sebutnya, seperti dikutip dari Riau1.com.

Upaya itu dilakukan agar para petani tak perlu lagi membakar hutan untuk memulai membuka lahan. Modernisasi pertanian itu berupa pemberian alat-alat kerja salah satunya traktor. Sehingga cara lama petani membuka lahan tanpa harus membuat api. (Bisma Rizal)

NEWS24.CO.ID

Can be read in English and 100 other International languages


Loading...

Related Article