NEWS24.CO.ID

Lifestyle

Ini Jadwal Puasa Dari Awal Bulan Dzulhijjah Hingga 10 Dzulhijjah

NEWS24.CO.ID

Ilustrasi Ilustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Hari Raya Qurban atau dikenal dengan hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah atau 11 Agustus 2019. Berbagai persiapan tentu dilakukan umat muslim di dunia untuk mengangkat nilai-nilai agama Islam, dan salah satunya adalah berpuasa. 

Nah, kapan waktunya dan seperti apa umat menjalankan ibadah puasa sunnah di bulan Dzulhijjah 1440 Hijriah ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini pemaparannya:

1. Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah

Puncak jadwal jatuh pada 10 Dzulhijjah, maka ada beberapa rangkaian yang umat muslim lakukan, yakni dari awal bulan Dzulhijjah ada puasa sunnah yang juga dilakukan. Puasa ini dinamai dengan puasa Asyura, 

Ini diterangkan dalam hadist riwayat Al Bukhori, yang berbunyi:

"Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda 'Tidak ada hari yang amal shalih lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 awal Dzulhijjah)'. Para sahabat bertanya: 'Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah?' Beliau bersabda, 'Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid)'".

Niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah dari awal bulan Dzulhijjah atau puasa Asyura:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى 

Artinya: Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala.

Kemudian, Niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah di tanggal 9 Dzulhijjah atau Puasa Arafah:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Artinya : Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta'ala.


2. Jadwal Puasa Bulan Dzulhijjah

Kemudian, puasa sunnah bulan Dzulhijjah lainnya adalah puasa Arafah yang jatuh pada 10 Dzulhijjah. Puasa ini disunnahkan bagi yang tidak sedang melaksanakan haji karena pahalanya bisa menggugurkan dosa-dosa selama dua tahun.

Dalam hadist riwayat An Nasaa'i, Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda "Puasa Asyura dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu, dan puasa Arafah itu dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, setahun yang lalu, dan setahun yang akan datang."

Artinya, anjuran puasa sunnah bulan Dzulhijjah 2019 jatuh pada tanggal 10 Agustus (puasa Arafah), dan 2 Agustus hingga 10 Agustus (puasa asyura). 


Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Dzulhijjah

 

#puasa #dzulhijjah

 

Loading...

Related Article