NEWS24.CO.ID

International

Nasib 12 Ribu Lebih Pegawai di Seluruh Dunia Imbas Nissan Anjlok

NEWS24.CO.ID

Nasib 12.500 pegawai Nissan Nasib 12.500 pegawai Nissan
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Kinerja Keuangan begitu buruk, sehingga produsen mobil terbesar di Jepang ini terpaksa melakukan PHK belasan ribu karyawannya. Pemangkasan itu sekitar 12.500 pekerja di seluruh dunia. Pada Mei kemarin perusahaan memang mengatakan akan melakukan PHK, tapi jumlah itu meningkat dua kali lipat dari pernyataan sebelumnya.

Pemicunya adalah laporan laba operasional perusahaan di kuartal I-2019 anjlok hingga 99% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Sementara pendapatan perusahaan turun 13%. Tak hanya itu, perusahaan juga menyatakan akan mengurangi hingga 10% produksi mobilnya hingga 2022.

"Ini memang deskripsi kasar, tetapi fasilitas luar negeri yang merugi akan menjadi target utama," kata CEO Nissan Hiroto Saikawa dilansir dari CNN, pada Sabtu (28/7/2019).

Perusahaan telah menangguhkan lini produksi di Indonesia dan Spanyol. Saikawa menolak untuk menentukan lokasi lain yang akan terpengaruh oleh pemotongan. 

Awal tahun ini Nissan telah tidak lagi memproduksi dua kendaraan mewah di Inggris, menghadapi pukulan lain ke industri yang telah diguncang oleh penjualan yang lemah dan kekhawatiran terhadap kondisi Brexit.

Nissan, seperti pembuat mobil lainnya, menghadapi tantangan berat. Ekonomi global yang lesu telah merusak penjualan, dan perang dagang AS-Cina tetap menjadi risiko besar bagi para produsen. Standar emisi baru, sebagian didorong oleh krisis iklim, juga mengganggu industri.

Namun Nissan juga telah bergulat dengan masalah sendiri. Perusahaan telah kehilangan pangsa pasar di Amerika Serikat dan Eropa. 

Pada kuartal pertama, misalnya, perusahaan menjual 351.000 unit di Amerika Serikat, memberikan 7,9% dari pasar. Penjualan Nissan di Eropa, termasuk Rusia, turun lebih dari 16% pada kuartal tersebut dibandingkan tahun lalu.

 

#nissan

 

Loading...

Related Article