NEWS24.CO.ID

International

Jamaah Diminta Hemat Tenaga Karena Cuaca Makkah Sudah 41 Derajat

NEWS24.CO.ID

Cuaca Makkah 41° C Cuaca Makkah 41° C
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Masa puncak ibadah haji masih belum dilalui jamaah haji. Kegiatan ini merupakan yang terberat bagi jamaah haji. Terkait hal itu, jamaah diminta untuk menjaga fisik saat telah tiba di kota Makkah.

Dari informasi Kemenag Riau, Kloter 2 BTH yang pertama kali bergeser ke Mekkah sudah memasuki hari ke 12 di Makkah. Dan tadi malam pada pukul 04.00 WAS telah melakukan tawaf dan sa'i, serta ibadah sunah.

"Bagi yang kuat dan sudah istirahat mulai melaksanakan umrah Sunnah,  melakukan miqat di Jaronah dan ada juga di tan'im," sebut DR rialis Muhammad Shaleh, ketua TPHI Kloter 2 BTH.

Rialis mengatakan sebagian jemaah sudah mandiri melaksanakan umrah dan ada jg yang masih butuh bimbingan dari ketua kloter.

Sementara itu TPHI Drs H Asmuni Hasan MA khawatir dan berpesan kepada jamaah agar tidak berlebihan dalam menjalankan ibadah sunah. "Semangat boleh, namun kesehatan tetap diutamakan agar tidak terlalu terporsir tenaganya," saran Asmuni.

Dikatakannya juga yang dibutuhkan jamaah adalah kesiapan fisik dan mental. Fisik diperlukan karena jamaah akan berjalan jauh dan terpapar terik matahari. Namun kesiapan mental, terutama kesabaran, dan keikhlasan dalam beribadah juga sangat dibutuhkan.

Selebihnya, Asmuni meminta jamaah haji secara khusus menyiapkan fisik dari saat ini. Dia mengingatkan bahwa puncak haji adalah wukuf di Arafah. Jadi hemat tenaga untuk wukuf.

"Jamaah haji sebaiknya menghemat tenaga agar tidak kelelahan saat puncak haji wukuf di Arafah, Mudzalifah, dan Mina. Hal itu sudah dihimbau kepada para jamaah," ucap dia.

Ia mengatakan jamaah mulai talwiyah pada tanggal 9 Agustus atau 8 Zulhijjah. Seluruh jamaah akan menuju Padang Arafah.

"Untuk para jamaah sebaiknya memilih rehat di pemondokan dan salat berjamaah di masjid-masjid terdekat saja, tidak ke Masjidil Haram jika tidak punya fisik yanh kuat," saran dia.


Jamaah juga tidak disarankan menjalankan umrah sunah jelang puncak haji, terlebih lagi karena cuaca sangat tidak bersahabat pada siang hari, cuaca bisa mencapai 41 derajat.

 

#jamaahhaji #jch2019

 

Loading...

Related Article