NEWS24.CO.ID

Otomotif

Jimny Terbaru di Indonesia Hilangkan Beberapa Fitur ini, Untuk Kenyamanan

NEWS24.CO.ID

Jimny terbaru Jimny terbaru
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) perkenalkan Jimny langsung dari Jepang secara utuh berstatus completely built up (CBU) ke Indonesia. Kendati demikian, dibandingkan dengan Jimny di Jepang tidak 100 persen sama dengan yang telah ada lebih dahulu di Indonesia.

Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development SIS, menyebutkan sebelum Jimny masuk ke Indonesia ada sedikit penyesuaian karena adanya perbedaan kondisi jalan dan karakteristik, akan tetapi, penyesuaian tidak terlalu banyak.

"Pertama adalah fitur kenyamanan saat Jimny menerobos jalanan bersalju atau dingin yakni penghangat. Fitur ini tidak begitu diperlukan warga Indonesia karena cuaca dingin yang ekstrem jarang terjadi bahkan hampir tidak pernah ada," jelas dia saat pembukaan di ajang GIIAS 2019 kemarin.

"Lagipula, sebenarnya AC sudah ada heater-nya. Jadi saya rasa warga Indonesia cukup untuk menggunakan AC saja kalau butuh penghangat," kata Yulius.

Selain itu adalah fitur automatic brake yang berfungsi untuk menghentikan laju mobil secara otomatis pada kecepatan tertentu jika terdeteksi ada sesuatu yang membahayakan di depan. Jimny di Indonesia juga tidak dilengkapi fitur membaca rambu lalu lintas secara otomatis.

"Hal ini karena kami rasa di Indonesia belum diperlukan. Lalu, Jimny juga diperuntukkan untuk off-road yang dimana, pengemudi pasti sudah sangat berhati-hati," ujar dia.

Selanjutnya adalah rambu lalu lintas dengan kendaraan pun belum terkoneksi secara baik di Indonesia.

Walau begitu, bukan berarti fitur keamanan Jimny yang ditawarkan di Indonesia tidak layak. Mobil sudah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS), Hill Hold Control (HHC), sampai Hill Descent Control (HDC). Kombinasi fitur itu sudah cukup untuk menjamin keamanan berkendara.

"Jimny di Indonesia baru kita tawarkan dengan kunci fisik belum keyless. Alasannya, karena orang Indonesia cenderung lebih ceroboh ketika kunci mobil sudah keyless dibanding kunci fisik. Jika mobil sudah dibawa off-road, masuk hutan, akan merepotkan jika tiba-tiba kunci hilang karena kebiasaan ceroboh itu," kata Yulius.


Di Indonesia, Jimny juga hanya ditawarkan dengan satu pilihan mesin bensin yakni 1.500 cc. Sedangkan di negara asalnya, Jimny memiliki mesin bensin 660 cc (Kei Car) dan 1.500 cc (Sierra).

"Paling tidak itu perbedaannya Jimny di Jepang dengan Indonesia. Namun, secara keseluruhan sebenarnya tak berbeda. Ke depannya, kita akan terus lakukan study bagaimana tanggapan konsumen tentang Jimny untuk dijadikan evaluasi dalam hal penambahan fitur di Jimny," tutup dia.

#jimny

 

Loading...

Related Article