NEWS24.CO.ID

Nasional

Mahasiswa Undip Ubah Kebisingan Jadi Energi Listrik

NEWS24.CO.ID

Dok. Universitas Diponegoro Dok. Universitas Diponegoro
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Tiga mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) menciptakan alat yang dapat mengubah kebisingan itu menjadi sesuatu bermanfaat. Alat ini bernama Sound Energy Harvesting (Sinting) yang bisa mengonversi kebisingan di bandara menjadi energi listrik.

Tiga mahasiswa Undip itu bernama Rifki Rokhanudin, Ragil Adi Nugroho, dan Yudha Cindy Pratama. Awal ide ini dari adanya kebisingan di bandara yang sebelumnya dibiarkan begitu saja. Penemuan alat mengonversi kebisingan di bandara menjadi energi listrik dan diberi nama Sound Energy Harvesting (Sinting).

Seperti dipublikasikan laman resmi Undip, dan dilansir dari Kompas.com pada Minggu (21/7/2019), alat tersebut dirancang menggunakan prinsip kerja induksi elektromagnetik, seperti yang diterapkan dalam mikrofon.

Namun, mikrofon hanya mampu menghasilkan arus sangat kecil. Maka dari itu, Sinting dirancang dengan mengikutsertakan teknologi tambahan sehingga arus listrik dihasilkan bisa lebih kuat.

Cara kerja alat itu yakni menangkap kebisingan melalui reflektor parabola kemudian difokuskan pada sistem tranduser yang memicu terjadinya induksi elektromagnetik yang kemudian menghasilkan energi listrik. Tegangan dihasilkan dari alat ini mampu mencapai 11,14 volt pada intensitas suara dengan kebisingan sebesar 108,4 dBA.

Waktu perakitan alat tersebut diakuinya memakan waktu lebih kurang tiga bulan. Proses dilakukan di Laboratorium Fisika Elektronika dan Instrumentasi Undip di bawah bimbingan dosen Catur Edi Widodo.

Harapan mereka dengan ditemukannya alat Sinting agar dapat dikembangkan lebih lanjut dalam skala implementasi dan dipasang di sejumlah bandara di Indonesia. Alat tersebut dirancang melalui hibah penelitian Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.


#pln #listrik #energilistrik

Loading...

Related Article