NEWS24.CO.ID

Nasional

Otorita IKN Rayakan Hardiknas dengan Inovasi Pendidikan Olimpiade Siswa Nusantara

NEWS24.CO.ID

Otorita IKN Rayakan Hardiknas dengan Inovasi Pendidikan   Olimpiade Siswa Nusantara Otorita IKN Rayakan Hardiknas dengan Inovasi Pendidikan Olimpiade Siswa Nusantara
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Dalam semangat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang bertemakan "Bergerak Bersama, Lanjutkan NEWS24.CO.ID Belajar", Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menggelar serangkaian kegiatan untuk meningkatkan layanan pendidikan di Ibu Kota Nusantara. Termasuk penyusunan Peta Jalan Pendidikan IKN, pengembangan model dan implementasi pendidikan, serta pelaksanaan Olimpiade Siswa Nusantara (OSN).

“Sebagai wujud nyata komitmen IKN untuk mencapai standar pendidikan berkelas dunia pada tahun 2045, telah disusun Peta Jalan Pendidikan IKN yang mendetail,” jelas Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dalam keterangan resminya, Kamis (2/5).

Berlandaskan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2023, Peta Jalan Pendidikan IKN menguraikan tahapan pendidikan dari jangka pendek hingga jangka panjang, bertujuan untuk menjadi rujukan pendidikan nasional dan internasional. Penerapan konsep Ki Hajar Dewantara, serta hasil riset pendidikan berkualitas, menunjukkan adanya upaya integrasi yang kuat. Pendekatan digital yang diadopsi memungkinkan proses belajar yang fleksibel, tidak terbatas ruang dan waktu, serta menjanjikan pendidikan yang lebih adaptif dan inklusif sehingga dapat menciptakan sumber daya manusia yang unggul.

Baca juga : Semarak Hardiknas 2024 Wujud Ekspresi Gerakan NEWS24.CO.ID Belajar

Hal ini sejalan dengan pernyataan Presiden Jokowi, bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu kunci dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. “Itulah tantangan yang ke depan makin tidak mudah. Tapi sekali lagi dengan karakter yang kita bangun, karakter SDM yang kita bangun saya yakini insyaallah kita bisa mencapainya,” ucap Jokowi.

Selain itu, IKN juga merancang model dan implementasi pendidikan “Beyond Schooling” yang fokus pada pengembangan bakat dan minat individual peserta didik. Model ini juga mempromosikan kerjasama antara orang tua dan masyarakat dalam ekosistem pendidikan, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendukung setiap anak untuk menggali dan mengembangkan potensi mereka.

"Di IKN, kami tidak hanya fokus pada pendidikan tradisional, tetapi kami sedang menerapkan model 'Beyond Schooling' yang benar-benar menekankan pada pengembangan bakat dan minat individu setiap peserta didik," ujar Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin.

Baca juga : Peringati Hardiknas, Seskab Dorong Kolaborasi Majukan Pendidikan Nasional

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, selama April 2024, Otorita IKN melaksanakan Olimpiade Siswa Nusantara (OSN) yang mencakup jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK di seluruh wilayah IKN.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan bakat peserta didik, menyiapkan mereka untuk menjadi pemimpin masa depan yang cerdas dan inovatif. OSN merupakan bagian dari upaya IKN untuk mengimplementasikan konsep pendidikan yang berorientasi pada masa depan,” jelas Direktur Pelayanan Dasar Kedeputian Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Suwito.

Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya menandai langkah baru dalam memajukan pendidikan di Indonesia tetapi juga sejalan dengan cita-cita pembangunan manusia Indonesia yang unggul dan kompetitif di kancah global.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id

Loading...

Related Article