NEWS24.CO.ID

Nasional

Bahas Restorative Justice Legislator Golkar Supriansa Raih Gelar Doktor Hukum

NEWS24.CO.ID

Bahas Restorative Justice  Legislator Golkar Supriansa Raih Gelar Doktor Hukum Bahas Restorative Justice Legislator Golkar Supriansa Raih Gelar Doktor Hukum
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Golkar, Supriansa berhasil menyelesaikan pendidikan Doktor atau Strata 3 (S3) bidang Ilmu Hukum di Universitas Muslim Indonesia Makassar. Dalam sidang terbukanya, eks Wakil Bupati Soppeng ini berhasil meraih predikat Summa Cumlaude dengan nilai 4,0.

Sidang Terbuka sekaligus Pengukuhan Program Doktor Ilmu Hukum Sekolah Pascasarjana UMI Supriansa digelar di Aula Fakultas Kedokteran Kampus II UMI Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar Sulawesi Selatan, pada Jumat (26/4/2034).

Baca juga : Penasihat Deputi Komisioner Senior Dirop SDM OJK Raih Gelar Doktor dari UNS

Untuk meraih gelar doktornya, Supriansia membuat disertasi soal “Esensi Restorative Justice dalam Pembangunan Hukum Indonesia”.

Dalam sidang terbukanya, Supriansa mempresentasikan hasil penelitian disertasinya secara langsung di hadapan tim penguji yang diketuai oleh Direktur Pasca Sarjana UMI Makassar Prof Mursalim Laekkeng dan Promotor Prof Sufirman Rahman yang juga Rektor UMI Makassar.

Baca juga : Legislator Bisa Ikut Pemilu Lagi

Dalam paparannya, Supriansa mengatakan, Restorative Justice merupakan pendekatan dalam sistem peradilan yang menekankan pemulihan hubungan yang rusak antara pelaku kejahatan,korban dan masyarakat. “Ini berbeda dengan pendekatan tradisional yang hanya mempertimbangkan hukuman bagi pelaku kejahatan,” ujarnya.

Sementara jajaran guru besar yang bertindak sebagai penguji adalah Prof Kamal Hijaz, Dr Ilham Abbas (Ko Promotor), Prof Saharuddin Nawi, Prof Ma’ruf Hafid, Prof Muh Rinaldy Bima, Dr Hardianto Djanggih, Prof Muzakkir (Penguji Eksternal) dan Prof Mansyur Ramly (Penguji Lintas Disiplin Ilmu).

Baca juga : Kedepankan Inovasi Berbasis Alam Indonesia, Kilala Tilaar Raih Gelar Doktor

Dalam sidang promosi doktor ini tampak hadir Kapolda Provinsi Sulawesi Selatan Irjen Pol Andi Riyan sekaligus memberi testimoni di forum promosi Doktor ini. Lalu Kapolrestabes Makassar, Ketua DPRD Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika, Perwakilan Pangdamn XIV Hasanuddin, Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak, Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide, Wakil Bupati Bulukumba, Ketua DPRD Soppeng Syahruddin M Adam dan sejumlah Kajari dan Kepala Rutan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id

Loading...

Related Article