NEWS24.CO.ID

Nasional

170 WNI Hadiri Halal Bihalal Di KBRI Lisabon

NEWS24.CO.ID

170 WNI Hadiri Halal Bihalal Di KBRI Lisabon 170 WNI Hadiri Halal Bihalal Di KBRI Lisabon
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Lisabon, Portugal, merayakan momen spesial Idul Fitri 1445 Hijriah dengan menggelar kegiatan Halal Bihalal.

Kegiatan ini dihadiri oleh 170 orang masyarakat Indonesia (WNI) beserta keluarga yang datang dari beberapa kota di Portugal, seperti Porto, Coimbra, Braga, Algarve, Ericeira, Figueira da Foz dan lainnya.

Kegiatan Halal Bihalal tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan hari kemenangan setelah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, tetapi juga menjadi momentum penting untuk memulai menjadi pribadi yang lebih baik dan mempererat tali silaturahmi antar sesama masyarakat Indonesia di Portugal. Dalam suasana yang penuh kehangatan, masyarakat yang hadir saling bersalaman dan bertukar ucapan selamat Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca juga : Mardiono Hadiri Halal Bihalal Golkar, Airlangga: Silaturahmi Tetap Terbuka

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Portugal, Rudy Alfonso dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat Lebaran kepada seluruh masyarakat Indonesia di Portugal bagi yang merayakan dan mengapresiasi semangat kebersamaan yang terus terjaga di antara komunitas Indonesia di Portugal. Duta Besar juga menekankan pentingnya mempertahankan tradisi leluhur, seperti sungkeman (saling maaf memaafkan) sebagai bagian dari budaya yang harus dilestarikan.

Setelah sesi sambutan, tampak barisan panjang masyarakat saling meminta maaf dan bermaafan, yang menambah khidmat suasana Halal Bihalal. Tradisi ini dapat dimaknai sebagai penyatuan diri antar sesama manusia dan simbol membersihkan hati dari hal-hal negatif atas kesalahan yang telah dilakukan dan menjalani kehidupan yang baru dengan hati yang bersih.  

Kegiatan Halal Bihalal ini juga menjadi wadah untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Portugal, dengan memperkenalkan keindahan budaya dan kearifan lokal Indonesia kepada Indonesianis maupun pasangan dari diaspora Indonesia di Portugal. 

Baca juga : Mardiono Hadiri Halal Bihalal Partai Golkar, Ini Alasannya

Melalui pertukaran budaya seperti ini, diharapkan dapat tercipta pemahaman yang lebih dalam antara kedua bangsa dan memperkuat hubungan bilateral di berbagai bidang.

Suasana Idul Fitri tentu belum lengkap tanpa adanya suguhan hidangan khas lebaran. KBRI Lisabon menyuguhkan berbagai aneka kuliner seperti Lontong Sayur Godog, Opor Ayam, Sate Ayam, Rendang, Bakso, Sambal Goreng Kentang, Es Cendol serta aneka gorengan dan jajanan pasar lainnya yang menggugah selera. Hidangan tersebut tentu menjadi primadona dan menambah hangat suasana kumpul bersama sambil menyantap kuliner Indonesia yang lezat.

Di sela-sela kegiatan, tampak masyarakat Indonesia antusias berpose di photo booth berbentuk Instagram yang telah disediakan oleh KBRI Lisabon. Foto tersebut mereka upload dan mention ke akun Instagram KBRI Lisabon @indonesiainlisbon.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id

Loading...

Related Article