NEWS24.CO.ID

Nasional

Lebaran Makin Dekat LKDI Ajak Masyarakat Waspadai Ancaman Phishing

NEWS24.CO.ID

Lebaran Makin Dekat  LKDI Ajak Masyarakat Waspadai Ancaman Phishing Lebaran Makin Dekat LKDI Ajak Masyarakat Waspadai Ancaman Phishing
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Hari Raya Idul Fitri semakin dekat, masyarakat Indonesia dihadapkan pada ancaman meningkatnya serangan phishing yang mengancam keamanan data pribadi dan keuangan.

 

Pelaku kejahatan daring memanfaatkan momen ini, biasanya lalu lintas transaksi keuangan sedang tinggi-tingginya—untuk melakukan penipuan dan pencurian identitas.

Sebagai informasi, phising adalah praktik penipuan daring, pelaku berusaha memperoleh informasi sensitif seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau data pribadi lainnya, dengan menyamar sebagai entitas tepercaya melalui surat elektronik (email), pesan teks, atau situs web palsu.

Baca juga : Baznas Ajak Masyarakat Belanja Di Grooceries City Supermarket

Biasanya, menjelang Lebaran, para pelaku  phishing menggunakan iming-iming penawaran diskon, ucapan selamat, atau informasi tentang transaksi belanja sebagai umpan untuk menarik perhatian korban.

Menurut data Lembaga Konsumen Digital Indonesia (LKDI), kasus penipuan online, termasuk phising, pada tahun lalu, jumlah laporan kasus phishing meningkat sebesar 30 persen selama bulan Ramadan, terutama menjelang Lebaran—dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Direktur Eksekutif Lembaga Konsumen Digital Indonesia (LKDI) Kholid Basmalah menjelaskan, pelaku phising  sering kali memanfaatkan momen-momen penting seperti Lebaran untuk mengeksploitasi ketidaktahuan atau kelengahan pengguna internet.

“Mereka dapat menciptakan situs web palsu yang menyerupai toko online terkenal atau lembaga keuangan, atau mengirimkan email yang mengandung tautan berbahaya untuk mencuri informasi korban,” ujar Kholid, dalam keterangannya Kamis (28/3/2024).

Baca juga : BCA Syariah Bersama BAZNAS Ajak Nasabah Berzakat Melalui Mobile Banking

Menurutnya, penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan mereka dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk melindungi diri mereka dari serangan phishing.

Beberapa langkah yang dapat diambil, antara lain:

1. Waspadai pesan yang mencurigakan. Periksa dengan cermat setiap email atau pesan teks yang Anda terima, terutama jika meminta informasi pribadi atau keuangan.

2. Verifikasi sumber pesan. Pastikan bahwa email atau pesan teks berasal dari sumber yang sah sebelum membagikan informasi sensitif.

Baca juga : Survei LSI: Mayoritas Masyarakat Terima Hasil Pilpres

3. Perbarui perangkat lunak. Keamanan Pastikan perangkat lunak keamanan Anda, seperti antivirus dan firewall, selalu diperbarui untuk melindungi dari ancaman phishing dan malware lainnya.

"Dengan meningkatkan kesadaran tentang risiko phising dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, masyarakat dapat merayakan Lebaran dengan tenang dan aman," pungkas Kholid.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id

Loading...

Related Article