NEWS24.CO.ID

Nasional

Indonesia Menolak Langkah Pengakuan Amerika Serikat Tentang Dataran Tinggi Golan

NEWS24.CO.ID

Foto : Internet Foto : Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Indonesia sangat menolak pengakuan Amerika Serikat baru-baru ini tentang Dataran Tinggi Golan yang disengketakan sebagai wilayah Israel, mengatakan keputusan seperti itu "tidak kondusif" untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah.

"Indonesia sangat menolak pengakuan Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah Israel," kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa. "Indonesia mengakuinya sebagai wilayah Suriah, yang saat ini diduduki oleh Israel."

Indonesia, kata kementerian itu, telah mendasarkan posisinya pada prinsip-prinsip Piagam PBB tentang kedaulatan nasional dan integritas teritorial, serta resolusi PBB sebelumnya, termasuk resolusi 1981 yang menjadikan pencaplokan Israel atas Dataran Tinggi Golan batal demi hukum dan tidak berlaku dan tanpa efek hukum internasional .

"Indonesia mendesak masyarakat internasional untuk terus menghormati hukum internasional dan Piagam PBB sesuai dengan resolusi [PBB] terkait dalam mempromosikan proses perdamaian di Timur Tengah," tambah kementerian itu.

Pada hari Senin, Presiden AS Donald Trump menandatangani proklamasi Golan di Gedung Putih dan di depan kunjungan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, menyatakan bahwa Dataran Tinggi Golan adalah milik Israel, AFP melaporkan.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article