NEWS24.CO.ID

Nasional

Akibat Banjir di Sentani, Ratusan Buaya dan Anak Ikan Hiu Masuk ke Perumahan Warga

NEWS24.CO.ID

Foto : Internet Foto : Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -  Akibat banjir Sentani yang terjadi baru-baru ini di Jayapura akibat intensitas hujan yang tinggi, ternyata bukan hanya membawa material pasir dari pegunungan.

Namun meluapnya Danau Sentani juga membuat hewan-hewan yang berhabitat di danau tersebut masuk ke permukiman warga.

Seperti yang dikisahkan oleh seorang warga di kampung Yoka, yang berada di Distrik Heram, Jayapura, mendapati rumahnya disatroni buaya berukuran lebih dari dua meter.  Diduga buaya yang masuk ke rumah warga tersebut merupakan buaya penghuni danau.

Diketahui, Kampung Yoka memang berdekatan dengan Danau Sentani. Tak hanya buaya, warga juga mendapati anak-anak hiu terdampar ke permukiman warga.  

Peneliti dari Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto,  mengatakan, " Di masa lalu Danau Sentani merupakan bagian dari laut yang menjorok ke darat. Bagian laut ini, sebelah utara berbatasan dengan Gunung Dafonsoro atau kini Cagar Alam Cycloops. Bagian laut ini terhubung oleh sungai dan mata air dari Cycloops," katanya.

Pergerakan lapisan bumi, kata Hari, kemudian membuat air Danau Sentani yang semula asin menjadi tawar.

"Hiu yang merupakan ikan air asin kemudian beradaptasi dengan air danau dan air sungai atau sumber mata air tawar yang terhubung dengan Danau Sentani. Dalam perkembangannya hiu-hiu ini berubah menjadi ikan hiu air tawar," katanya. 
 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article