NEWS24.CO.ID

Sport

Kisah Emiliano Sala, Sang Pesepakbola yang Karirnya Meningkat di Sisa Hidupnya dan Tewas Ditelan Selat Inggris

NEWS24.CO.ID

Emiliano Sala Emiliano Sala
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Hanya tiga hari setelah ia menandatangani kontrak dengan klub Liga Premier Cardiff City, Emiliano Sala berada di pesawat ringan yang hilang di Selat Inggris pada 21 Januari 2019. Polisi Dorset pada Kamis malam mengkonfirmasi mayat 28 tahun itu telah ditemukan dari reruntuhan, yang ditemukan pada Minggu pagi.

Pada usia 28, Emiliano Sala, yang kematiannya dalam kecelakaan pesawat ringan telah diumumkan, baru saja mencapai kematangan sepak bola, dan kepindahannya ke Cardiff menjadi petualangan yang mendebarkan. Transfer tersebut menandai pengakuan yang terlambat untuk pemain yang mungkin secara teknis tidak sempurna secara fisik, namun memiliki sifat pemberani dan menawan.

Di lapangan, dia konfrontatif; Dari situ, ia menjalani kehidupan yang tenang. Dia menyukai novel-novel detektif dan tidak akan pernah pergi bermain tanpa membawa buku-buku. Dia senang bermain gitar. Pemandangan pagi yang umum di Nantes adalah Sala, duduk di sebuah meja di luar sebuah kafe dengan anjing labrador-nya yang bernama Naja sambil meringkuk di kakinya.

Takdir itu kejam.

Para penggemar klub sepak bola Nantes menghabiskan seluruh bulan Januari dengan harapan - rumor mengatakan bahwa Sala tidak benar-benar ingin pergi ke Cardiff. Pelatihnya, Vahid Halilhodzic, telah menyalakan kembali karirnya Oktober lalu setelah perjuangan panjang di bawah mantan manajer Miguel Cardoso dan menolak membahas kemungkinan kepergian strikernya.

Halilhodzic - yang juga mantan penyerang tengah di Nantes - telah memutuskan misinya adalah meluncurkan kembali pemain Argentina, yang panutannya sejak kecil adalah striker legendaris Gabriel Batistuta.

"Dia anak muda yang sensitif; dia perlu merasa percaya diri, bandar togel online jadi prioritasnya adalah membantunya percaya pada dirinya sendiri. Baru setelah itu kita bisa bicara, striker-ke-striker," kata Halilhodzic.

Sala membenarkan: "Klub siap menjual saya ke Galatasaray, tetapi saya bertahan dengan ketat. Saya tidak menyesal, karena Vahid dan saya banyak bicara, dan saya semakin membaik."

Antara Juli dan September, selama era Cardoso di Nantes, antara Oktober dan Desember, dia mencetak delapan gol.

Jika dia adalah pemain Inggris, dia akan menjadi Jamie Vardy: pemain yang menyukai ruang yang luas dan menjadi bagian dari tim dengan gaya serangan balik yang kuat; seorang pemain yang lincah dan ringan tetapi juga tangguh dan dapat diandalkan - seorang pejuang Amerika Selatan yang sesungguhnya.

Selama waktunya dengan klub Prancis Niort ia sering disebut sebagai "Carlos Tevez lokal".

Sala juga seorang 'rubah di dalam kotak' yang terampil, terutama berkat kemampuan finishingnya yang luar biasa dengan kepalanya. Dia memiliki waktu yang sempurna, dan memiliki header yang bagus. Tidak ada keraguan tekniknya masih kekurangan sesuatu, tetapi Liga Premier tampak seperti wilayahnya untuk ditaklukkan.

Dia awalnya tidak yakin tentang bergabung dengan klub yang berjuang di liga mereka sendiri, tetapi Kita, presiden Nantes, tidak mau ketinggalan dengan biaya transfer 17 juta euro.

Pemain yang diinginkan Cardiff adalah Sala yang berhasil dipoles dan diluncurkan kembali oleh Halilhodzic.

Di Argentina, Sala berlatih di San Francisco, Cordoba, di sebuah akademi yang beraliansi dengan Bordeaux, pindah ke Prancis untuk bergabung dengan Bordeaux ketika ia berusia 20 tahun. Semua orang yang mengenalnya di sana setuju - Emiliano adalah pria yang baik dan rekan setim yang baik.

Felipe Saad, yang bermain dengan Sala di Caen, mengatakan kepada L'Equipe: "Dia adalah orang yang baik dan murah hati. Dia selalu percaya bahwa sepak bola adalah olahraga tim. Saya sangat terguncang. Kepindahannya ke Cardiff akan memberinya pengakuan yang sepantasnya dia terima, meskipun terlambat. Dia pantas menerima pujian dunia dan bakatnya harus diakui."

Memang benar bahwa kemajuan Sala agak lambat: orang masih menyebutnya sebagai "talenta yang menjanjikan" ketika ia berusia 23 dan di Bordeaux.

Rekan setimnya bahkan mengolok-oloknya karena gayanya yang tidak terpoles di lapangan - sedemikian rupa sehingga, setelah satu musim dihabiskan di cadangan Bordeaux pada 2011-12, Sala dipinjamkan ke Orleans, yang saat itu merupakan tim Niveau 3. Dia kemudian mencetak 19 gol dalam 37 pertandingan.

Berikutnya datang pinjaman lain, kali ini ke Niort, di D2. Awalnya, pelatih Sala saat itu, Pascal Gastieu, tidak tertarik padanya.

"Saya menganggap tekniknya hanya memadai, meskipun semuanya ada di sana," kata Gastieu. "Dia adalah seorang pria yang murah hati dan ketika dia berada di lapangan dia tidak pernah menyerah. Dia tahu dia punya ruang untuk perbaikan, terutama pada tingkat teknis. Dia akan mencapai kematangan penuh lebih dari pemain rata-rata, Anda akan lihat."

Pada saat itu, Sala setuju: "Header saya tidak cukup bagus, walaupun saya tinggi. Itu sesuatu yang harus saya kerjakan."

Langkah peminjaman Sala berikutnya membawanya ke Caen. Tidak selalu mudah baginya, seorang warga negara Italia-Argentina bersama, untuk selalu bergerak. Tetapi dia akhirnya menemukan kakinya di Nantes, di mana dia memenangkan kontrak lima tahun awal.

Tidak butuh waktu lama bagi Sala untuk membangun dirinya dan segera kemudian di Kejuaraan, Cardiff menghubungi Nantes tentang dia. Presiden Kita, yang telah menandatangani Sala setahun sebelumnya untuk 1 juta euro, menolak tawaran 4 juta euro.

Sala telah tergoda.

'Ini mungkin divisi kedua, tapi itu liga Inggris" - tetapi dia tahu bahwa, bahkan pada usia 26, dia belum cukup matang untuk naik melawan pertahanan solid tim-tim Inggris.

"Aku belum meninggalkan kenangan yang indah di Nantes. Jika aku pergi, aku akan menginginkannya setelah aku berhasil, dan aku ingin meninggalkan kenangan yang baik tentang diriku."

Sala dapat terlihat di luar sebuah kafe di Nantes, sarapan bersama Naja, baru-baru ini beberapa minggu yang lalu. Setelah itu, dia pergi untuk mengucapkan selamat tinggal kepada rekan setimnya di Nantes. Kemudian dia naik pesawat ke Cardiff. Dan sejak saat itu, ia lenyap ditelan kerasnya laut.

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article