NEWS24.CO.ID

Sport

Pesepakbola Ini Memohon Agar Tidak Dikembalikan ke Bahrain, Ini Alasannya...

NEWS24.CO.ID

 Hakeem al-Araibi Hakeem al-Araibi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Seorang pemain sepak bola yang memperjuangkan permintaan ekstradisi memohon kebebasannya pada Senin, 4 Februari 2019 dengan mengatakan "tolong jangan kirim saya ke Bahrain" ketika ia tiba di pengadilan Bangkok, yang memperpanjang penahanannya dengan dua bulan lagi. Hakeem al-Araibi, seorang pengungsi Bahrain dan juga seorang penduduk Australia, takut disiksa dan bahkan mati jika ia dikembalikan ke tanah airnya.

Araibi, yang telah ditahan di Thailand sejak November setelah permintaan ekstradisi Bahrain, tiba di pengadilan dengan rantai dan memohon wartawan dan pejabat sepakbola untuk membantu mengamankan kebebasannya.

"Tolong jangan kirim saya ke Bahrain," katanya, ketika mantan kapten sepakbola Australia Craig Foster dan juru kampanye lainnya muncul untuk menawarkan dukungan kepada pemain bola tersebut. "Istrimu mengirimkan cintanya! Hakeem, Australia bersamamu, sobat," Foster berteriak.

Araibi dihentikan di bandara Bangkok pada November ketika ia tiba di Thailand untuk liburan dan ditahan sejak itu karena pengadilan Thailand memutuskan apakah akan mengirimnya kembali ke Negara Teluk. Pengadilan mengatakan Araibi akan diberikan 60 hari "untuk menolak permintaan ekstradisi" dan perlu menyampaikan kasusnya pada bulan April ketika para hakim berkumpul kembali.

Selain Foster, yang telah memimpin protes di komunitas sepakbola untuk kebebasan Araibi, perdana menteri Australia Scott Morrison telah meminta mitranya dari Thailand untuk membebaskan pria berusia 25 tahun itu, dengan mengatakan bahwa mengembalikannya ke Bahrain akan melanggar hak-haknya di bawah hukum hak asasi manusia internasional.

Araibi telah bermain untuk tim pemuda nasional Bahrain sebelum ia meninggalkan tanah airnya dan diberikan suaka di Australia, tempat ia bermain untuk klub semi-profesional Pascoe Vale FC.

"Kami percaya jika Hakeem tidak dibebaskan harus ada beberapa sanksi yang dijatuhkan pada Bahrain dan Thailand," mantan pemain sepak bola Australia Francis Awaritefe mengatakan kepada wartawan di luar pengadilan, menambahkan bahwa kedua negara "setidaknya harus dikecualikan dari menjadi tuan rumah" internasional cocok.

Perwakilan dari kedutaan Australia, serta Federico Addiechi dari FIFA, juga menghadiri sidang.

Araibi dihukum in absentia dengan tuduhan merusak sebuah kantor polisi di Bahrain, tetapi mengatakan dia berada di luar negeri bermain dalam sebuah pertandingan pada saat dugaan pelanggaran. Pemain itu mengatakan dia menjadi sasaran kritiknya terhadap presiden AFC Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, seorang anggota keluarga penguasa Bahrain.

Seorang pejabat Bahrain mengatakan bulan lalu Araibi "memiliki semua hak dan peluang untuk membela diri" dalam kasus pidana terhadapnya, dan bahwa ia juga dapat mengajukan banding atas putusan bersalah.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article