NEWS24.CO.ID

Nasional

Gempa 4,3 SR Guncang Bengkulu Saat Salat Jumat

NEWS24.CO.ID

Ilustrasi Ilustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Gempa bumi kembali mengguncang daerah di Tanah Air. Kali ini menimpa Provinsi Bengkulu, Jumat (18/1/2019) sekitar pukul 12.43 WIB, atau tepat ketika kaum muslim di provinsi itu tengah melaksanakan Salat Jumat.

Gempa berkekuatan 4,3 Skala Richter (SR) tersebut tidak berpotensi tsunami. Selain itu, getaran gempa juga tidak begitu dirasakan masyarakat setempat.

Pusat gempa diketahui berada di episenter pada koordinat 5.40 Lintang Selatan (LS) dan 102.57 Bujur Timur (BT), di barat daya Kabupaten Kaur, berjarak sekira 124 kilometer (KM), dengan kedalaman 32 kilometer.


Read More : Bamsoet Dukung Fashion Show Tenun dan Batik Indonesia di San Polo Italia

Seperti dilansir okezone, PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah, menerangkan, gempa terjadi akibat penyusupan Lempeng Indo-Australia di bawah Eurasia yang berada di bawah pulau Sumatera.

Meskipun demikian, imbau Sabar, masyarakat di Kabupaten Kaur dan sekitarnya, dan masyarakat Provinsi Bengkulu, khususnya diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khususnya, masyarakat di daerah pesisir Barat Sumatera.


Read More : Pasca Putusan MK Jokowi Ajak Semua Pihak Bersatu Bekerja Membangun Negara

Sementara itu, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa ini masuk kategori dangkal.

Sejauh ini, pihaknya belum memantau adanya aktivitas gempa bumi susulan. Khusus masyarakat di daerah pesisir Kaur, diimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami. ***

NEWS24.CO.ID/RED/SIS  

 

Loading...

Related Article