NEWS24.CO.ID

Nasional

Merapi Keluarkan Lava, Masyarakat Disarankan Untuk Menghindari Lokasi Sekitar

NEWS24.CO.ID

Foto : Internet Foto : Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Pusat Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Bencana Geologi (BPPTKG) mencatat enam aliran lahar di Gunung Merapi Minggu malam, 13 Januari. Lahar itu jatuh ke arah daerah hulu Sungai Gendol. "Dari 19.:50 hingga 21:21 kami mencatat enam pencurahan ke arah hulu Gendol Rivie dengan jarak luncur 200-600 meter." BPPTKG diumumkan melalui akun Twitter resminya, Senin, 14 Januari.

Level aktivitas gunung berapi dicatat pada level 2 dengan status siaga. Warga diminta tidak berada dalam radius tiga kilometer dari puncak Merapi.

BPPTKG juga melarang pendakian dan pendakian, kecuali untuk tujuan penyelidikan dan penelitian yang terkait dengan upaya mitigasi bencana.

Pada hari Senin, Pos Pengamatan Merapi (PGM) Ngepos menyatakan bahwa gunung berapi tampak berkabut dengan cuaca mendung.

Aliran lava meluncur dari kawah Merapi selama 35-86 detik. Volume kubah lava terakhir mencapai 439.000 meter kubik dengan tingkat pertumbuhan 3.400 meter kubik per hari, atau lebih kecil dari pada minggu sebelumnya. Saat ini, kubah lava Gunung Merapi masih stabil dengan tingkat pertumbuhan rendah rata-rata kurang dari 20.000 meter kubik per hari.

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article