NEWS24.CO.ID

Health

Studi Baru Menghubungkan Dua Minuman per Hari Dengan Peningkatan Risiko Fibrilasi Atrium

NEWS24.CO.ID

Ilustrasi Ilustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Penelitian baru Australia telah menemukan bahwa konsumsi alkohol moderat biasa - yang rata-rata 14 gelas seminggu atau dua per hari - dapat meningkatkan risiko atrial fibrilasi (AF), juga dikenal sebagai jantung berdebar.

Dilakukan oleh para peneliti di Universitas Melbourne dan Rumah Sakit Royal Melbourne dan Rumah Sakit Alfred di Melbourne, studi baru mendaftarkan 75 pasien dengan AF untuk menjalani pengujian invasif rinci pada atrium, dua ruang atas jantung.

Para pasien dibagi menjadi tiga kategori, dengan 25 didefinisikan sebagai non-peminum seumur hidup, 25 sebagai peminum ringan, mengonsumsi dua hingga tujuh minuman standar per minggu, dan 25 sebagai peminum moderat, mengonsumsi delapan hingga 21 minuman per minggu dan rata-rata 14 minuman per minggu.

Satu gelas standar adalah sekitar 12 gram alkohol.

Temuan ini, yang diterbitkan dalam jurnal HeartRhythm, menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang, memiliki lebih banyak bukti listrik mengenai jaringan parut dan gangguan pensinyalan listrik daripada yang bukan peminum dan peminum ringan.

Konsumsi alkohol yang berlebihan sudah merupakan faktor risiko yang ditetapkan untuk AF, namun studi observasional sebelumnya juga telah menemukan bahwa konsumsi alkohol reguler yang moderat sekalipun dapat meningkatkan risiko kondisi tersebut.

Para peneliti mencatat bahwa meta-analisis dari tujuh studi dengan hampir 860.000 pasien dan sekitar 12.500 orang dengan AF menunjukkan bahwa setiap tambahan minuman standar harian menghasilkan peningkatan delapan persen dalam insiden AF.

AF adalah gangguan irama jantung yang paling umum. Kemungkinan mengembangkan kondisi meningkat dengan bertambahnya usia, dengan AF mempengaruhi sekitar 7 dalam 100 orang berusia 65 atau lebih. Gejalanya meliputi nyeri dada, jantung berdebar kencang, jantung berdebar kencang, lemah, lelah, pusing, pusing, dan sesak napas.

Kondisi ini juga menyebabkan 20 hingga 30 persen dari semua stroke dan meningkatkan risiko kondisi lain seperti demensia, serangan jantung dan penyakit ginjal, dan kematian dini, oleh karena itu temuan bahwa konsumsi alkohol adalah faktor risiko yang dapat dihindari dapat membantu orang membuat gaya hidup sederhana perubahan untuk membantu mengurangi risiko pengembangan AF dan kondisi kardiovaskular lainnya.

"Studi ini menggarisbawahi pentingnya konsumsi alkohol yang berlebihan sebagai faktor risiko penting dalam AF," kata ketua peneliti Profesor Peter Kistler. "Konsumsi alkohol moderat biasa, tetapi bukan konsumsi ringan, merupakan faktor risiko penting yang dapat dimodifikasi untuk AF yang terkait dengan tegangan atrium yang lebih rendah dan pelambatan konduksi. Perubahan listrik dan struktural ini dapat menjelaskan kecenderungan untuk AF pada peminum reguler. Ini adalah pengingat penting bagi dokter yang merawat pasien dengan AF untuk bertanya tentang konsumsi alkohol dan memberikan konseling yang tepat pada mereka yang terlalu memanjakan diri.

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article