NEWS24.CO.ID

Health

Hasil Riset Tunjukkan Bagaimana Diet Serat Tinggi Akan Membuat Hidup Lebih Sehat

NEWS24.CO.ID

Ilustrasi Ilustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Orang yang makan banyak makanan berserat dan berserat tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, diabetes, dan penyakit kronis lainnya daripada orang yang diet rendah serat, tulis sebuah studi yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Untuk setiap 8 gram peningkatan serat yang dimakan sehari, total kematian dan insiden penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker usus turun 5 hingga 27 persen, kata studi itu. Perlindungan terhadap stroke dan kanker payudara juga meningkat.

Target yang baik bagi mereka yang ingin mendapatkan keuntungan kesehatan adalah makan 25g hingga 29g serat makanan sehari, analisis menemukan. Tetapi data, yang diterbitkan dalam serangkaian tinjauan sistematis dan meta-analisis dalam jurnal medis The Lancet, juga menyarankan asupan serat makanan yang lebih tinggi dapat memberikan perlindungan yang lebih besar.

"Temuan kami memberikan bukti yang meyakinkan untuk pedoman nutrisi dalam fokus pada peningkatan serat makanan dan penggantian biji-bijian olahan dengan biji-bijian. Ini mengurangi risiko insiden dan kematian dari berbagai penyakit penting," kata Jim Mann, seorang profesor di Universitas Otago , Selandia Baru yang ikut memimpin penelitian.

Menurut penelitian, kebanyakan orang di seluruh dunia saat ini mengkonsumsi kurang dari 20 g serat makanan sehari. Di Inggris pada tahun 2015, sebuah komite penasihat nutrisi merekomendasikan peningkatan asupan serat makanan hingga 30g sehari, tetapi hanya 9 persen orang dewasa Inggris yang berhasil mencapai target ini. Di Amerika Serikat, asupan serat di antara orang dewasa rata-rata 15g sehari.

Mann mengatakan manfaat kesehatan dari serat makanan - yang terkandung dalam makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah - berasal dari kimia, sifat fisik, fisiologi dan pengaruhnya terhadap metabolisme.

"Makanan utuh kaya serat yang membutuhkan mengunyah dan mempertahankan banyak struktur mereka dalam usus meningkatkan rasa kenyang dan membantu mengontrol berat badan," katanya. "(Dan) kerusakan serat di usus besar oleh bakteri penduduk memiliki efek tambahan yang luas. termasuk perlindungan dari kanker kolorektal. "

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article