NEWS24.CO.ID

Economy

Bank Indonesia Melaporkan Peningkatan Indeks Keyakinan Konsumen

NEWS24.CO.ID

Bank Indonesia Bank Indonesia
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -  Survei konsumen terbaru Bank Indonesia mengungkapkan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (CCI) membaik pada bulan November 2018, dengan skor dari 122,7 menjadi 127,0.

"Keseluruhan indeks kepercayaan konsumen 2018 adalah 123,6, yang lebih tinggi dari rata-rata tahun-tahun sebelumnya," kata Agusman Zainal, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia melalui pernyataan tertulis pada hari Senin.

Pertumbuhan juga dapat dilihat pada survei keempat konsumen pada 2018 dengan CCI rata-rata 123,0 dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Menurut Agusman, pertumbuhan kepercayaan konsumen didorong oleh persepsi positif mereka terhadap iklim ekonomi saat ini dan harapan mereka terhadap masa depan ekonomi. Persepsi yang membaik juga didukung oleh meningkatnya jumlah barang tahan lama yang dibeli.

Selain itu, survei konsumen Bank Indonesia menunjukkan Maret akan melihat tingkat inflasi lebih tinggi pada bulan sebelumnya. "Hal ini terutama disebabkan oleh kekhawatiran konsumen terhadap potensi kenaikan harga gas, terutama bahan bakar non-subsidi," kata Agusman.

Indeks ekspektasi harga dalam tiga bulan ke depan juga diperkirakan akan meningkat dari 174,1 ke 175,2. Konsumen juga mengharapkan inflasi pada bulan Juni (6 bulan ke depan) yang akan disebabkan oleh meningkatnya permintaan yang disebabkan oleh bulan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article