NEWS24.CO.ID

International

Ribuan Orang Tersengat Dalam Invasi Ubur-ubur di Australia

NEWS24.CO.ID

Foto : Internet Foto : Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Ubur-ubur yang sangat berbisa telah menyengat lebih dari tiga ribu orang di pantai timur laut Australia hanya dalam beberapa hari, kata pihak berwenang pada Senin, 7 Januari 2019 yang akhirnya memaksa penutupan beberapa pantai.

Gelombang besar ubur-ubur Portugis, yang sengatannya sangat menyakitkan, telah digambarkan sebagai "invasi" oleh media lokal di negara bagian Queensland.

Asosiasi Coastguard, Surf Life Saving mengatakan, 3.595 orang menderita luka bakar yang menyakitkan setelah bertemu dengan makhluk itu, yang juga dikenal sebagai bluebottle karena penampilan transparan kebiruan mereka. Setidaknya empat pantai utama tetap ditutup karena organisasi memperingatkan bahwa lebih banyak ubur-ubur sedang dalam perjalanan.

"Sebuah bluebottles mendekati pantai #Rainbow. Penyelamat menutup pantai. Silakan keluar dari air," baca salah satu dari beberapa peringatan dari Surf Life Saving.

Sengatan bluebottle sering terjadi dan tidak jarang terdengar lolongan kesakitan dari ruang ganti di sepanjang pantai timur Australia selama musim panas belahan bumi selatan. Tetapi banyaknya orang yang tersengat dalam beberapa hari terakhir telah mengejutkan pihak berwenang.

Biasanya ada sekitar 10.000 kasus sengatan bluebottle setiap tahun di pantai timur Australia, menurut Royal Australian College of General Practitioners.

Jumlah sengatan yang luar biasa dalam beberapa hari terakhir telah terjadi ketika angin darat yang kuat datang dari timur laut, membuat makhluk-makhluk itu bersentuhan dengan para perenang. Sekelompok dokter menggambarkan gejala sengatan sebagai "rasa sakit langsung yang tajam dan reaksi kulit inflamasi akut".

"Rasa sakit di kulit yang hebat dapat berlangsung dari beberapa menit sampai berjam-jam ... Sengatannya juga dapat menyebabkan tanda-tanda sistemik seperti mual, muntah, dan perasaan tidak enak pada umumnya."

Perawatan termasuk membilas luka dengan air pada 45 derajat Celcius atau menggunakan icepack. Namun, tidak terlalu mudah untuk mengobati sengatan dari ubur-ubur Irukandji yang menakutkan. Sengatan dari ubur-ubur kotak ini - yang bisa lebih kecil dari kuku jari - dapat menyebabkan nyeri otot akut, muntah hebat, stroke, gagal jantung dan kematian dalam beberapa menit.

Jumlah orang yang dibawa ke rumah sakit dengan sengatan Irukandji di Queensland musim ini sudah 20, dua kali lipat rata-rata tahunan normal.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article