NEWS24.CO.ID

Health

Tiga Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

NEWS24.CO.ID

Ilustrasi Ilustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Menangis adalah cara yang dikenal dan efektif untuk menghilangkan kecemasan karena menekan emosi terlalu sering dapat menyebabkan efek psikologis negatif dalam jangka panjang.

Berikut ini adalah tiga alasan menurut Lifehack.org yang terbukti bermanfaat.

1. Menangis Membantu Menghilangkan Stres

Sekitar tiga puluh tahun yang lalu, seorang ahli biokimia menemukan bahwa air mata emosional bisa menjadi terapi dan mengandung lebih banyak protein dibandingkan dengan air mata non-emosional. Ini menunjukkan perubahan psikologis dan fisiologis penting yang terjadi di dalam tubuh ketika kita menitikkan air mata.

Menangis emosional melibatkan kejang otot, asupan napas cepat, dan air mata, yang semua crescendo dan kemudian secara bertahap mereda. Sepanjang proses ini, tubuh tegang dan kemudian rileks, memberikan perasaan bebas.

2. Membangun Ketangguhan Mental melalui Menangis

Menangis bisa menjadi cara untuk secara langsung mengakui dan menghadapi emosi Anda. Menghindari atau mengabaikan perasaan negatif dapat merusak kesehatan mental Anda dan dapat menyebabkan kecemasan dan gangguan depresi.

Merangkul emosi Anda dan menghadapinya secara langsung memungkinkan Anda kesempatan untuk menangis demi kesehatan mental Anda sendiri. Ini sebenarnya penting dan membutuhkan keberanian.

3. Menyembuhkan dan Mengatasi Menangis

Menurut Profesor Roger Baker dari Bournemouth University, menangis yang disebabkan oleh alasan emosional mengubah tekanan menjadi sesuatu yang nyata, yang mengurangi perasaan trauma dan bertindak sebagai proses penyembuhan emosional.

Air mata memulai pemulihan Anda dengan menyimbolkan luka psikologis menjadi bentuk fisik.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article