NEWS24.CO.ID

International

Baru Saja Dilantik 2 Jam, Walikota Ini Tewas Setelah Ditembak Mantan Perwira Polisi

NEWS24.CO.ID

Alejandro Aparicio Alejandro Aparicio
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - TLAXIACO- Nasib mengenaskan dialami Alejandro Aparicio, Walikota Tlaxiaco di Negara Bagian Oaxaca, Meksiko. Baru saja dua jam dilantik sebagai walikota, ia tewas setelah ditembak mantan perwira polisi.

Dalam kasus itu, petugas berwenang di Meksiko telah menahan seorang pria berusia 34 tahun, berinisial JMV. Tersangka, adalah warga Meksiko yang berasal dari Negara Bagian Chiapas. Sebelumnya, ia adalah seorang perwira polisi di Meksiko utara. Pihak berwenang percaya dia adalah satu-satunya orang yang terkait dengan kematian Aparicio.

Aksi penembakan yang dialami Alejandro terjadi pada Selasa (1/1/2019) waktu setempat. Dua jam sebelumnya, ia baru saja dilantik sebagai Walikota Tlaxiaco.


Read More : Serial The World of the Married Versi Indonesia, Mendua Soroti Perselingkuhan Rumah Tangga

Terkait aksi penembakan itu, Kantor Jaksa Agung Oaxaca menjelaskan, setelah pelantikan, Aparicio melakukan perjalanan ke sebuah pertemuan di balaikota bersama dengan beberapa rekannya.

Saat itu seorang pria tiba-tiba menembaki mereka. Tembakan itu Aparicio dan tiga rekannya yang ikut mendampingi. Mereka langsung dilarikan ke rumah sakit setempat untuk mendapatkan perawatan.

Namun beberapa saat kemudian, Alejandro dinyatakan meninggal dunia karena pendarahan internal. Dalam kejadian itu, ia mengalmai luka tembak di paru-paru kanannya.

Seorang rekannya juga dinyatakan meninggal dunia pada Rabu (2/1) pagi. Sementara dua orang lainnya yang menderita luka tembak masih dirawat di rumah sakit.

Gubernur Oaxaca, Alejandro Murat, mengecam serangan itu dan menyerukan penyelidikan komprehensif atas pembunuhan Aparicio.

"Saya mengecam keras serangan terhadap wali kota Tlaxiaco. Saya menyatakan belasungkawa kepada keluarganya dan orang-orang di Tlaxiaco," tulis Murat di Twitter, dikutip CNN dan dilansir republika.co.id, Kamis (3/1/2019).


Read More : 4 Anggota Cedera Syuting Iklan, Puma Korea Minta Maaf ke NCT 127

Aparicio adalah anggota partai sayap kiri Morena pertama yang terpilih sebagai walikota di Tlaxiaco. Partai tersebut juga mengusung Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.

Selain itu, Aparicio tercatat sebagai walikota kedua yang terbunuh di Meksiko sejak Presiden Lopez Obrador menjabat bulan lalu. Menurut Asosiasi Walikota Meksiko, Setidaknya ada 72 walikota yang telah terbunuh sejak tahun 2006. ***

NEWS24.CO.ID/RED/SIS

Loading...

Related Article