NEWS24.CO.ID

Crime

Mulai Tahun Ini, Tahanan Kasus Korupsi KPK Mulai Diborgol

NEWS24.CO.ID

Ilustrasi  Ilustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - JAKARTA- Terhitung mulai tahun ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai memberlakukan aturan baru terhadap tahanan kasus korupsi. Tidak hanya mengenakan jaket 'keramat' mereka juga akan diborgol.

Aturan itu sudah diberlakukan lembaga antirasuah itu terhadap Tubagus Cepy Sethiady (TCS), yang tak lain kakak ipar dari Bupati Cianjur nonaktif, Irvan Rivano Muchtar.

Tubagus Cepy adalah tersangka kasus tindak pidana korupsi suap terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Kabupaten Cianjur Tahun 2018.


Read More : Kades di Asahan Dibacok Saat Hendak Salat di Masjid

Dari pantauan di Gedung KPK, Rabu (2/1/2019), saat keluar dari mobil tahanan, Cepy sudah mengenakan borgol dan juga rompi berwarna, jingga yang merupakan rompi khas tahanan KPK. Ia menjalani pemeriksaan sebagai saksi, untuk tersangka Bupati Cianjur nonaktif Irvan Rivano Muchtar (IRM).

Terkait aturan itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan bahwa hal tersebut sebagai bagian dari pengamanan terhadap para tahanan KPK.

"Untuk penindakan, sebagaimana telah diputuskan pimpinan, KPK meningkatkan pelaksanaan pengamanan terhadap para tahanan KPK. Aturan tentang pemborgolan untuk tahanan yang keluar dari rutan mulai diterapkan," terangnya, seperti dilansir republika.co.id.

Dikatakan, aturan baru tersebut sudah mulai dilakukan di Bandung dan Jakarta terhitung sejak Rabu ini. "Baik untuk tahanan untuk persiapan persidangan dan dari rutan ke gedung KPK untuk dilakukan pemeriksaan," tuturnya lagi, demikian dilansir antara.


Read More : 3 Pengedar Narkoba Ditangkap Karena Pasok 112 Kilogram Ganja untuk Malam Tahun Baru

Pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung pada Rabu ini dijadwalkan sidang untuk para terdakwa antara lain Billy Sindoro, Henry Jasmen P Sitohang, Taryudi, Hendry Saputra, Wahid Husen, Andri Rahmat, dan Fahmi Darmawansyah. ***

NEWS24.CO.ID/RED/SIS

Loading...

Related Article