NEWS24.CO.ID

Health

Lima Jenis Kanker yang Bisa Menyerang Anak-anak

NEWS24.CO.ID

Kanker Kanker
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Diperkirakan setiap tahun 175.000 anak-anak di dunia didiagnosis menderita kanker, kata Mururul Aisyiyah, seorang dokter anak di Rumah Sakit Dharmais. Sekitar 90.000 dari mereka meninggal karena terlambat atau kurang perawatan, karena anak-anak belum tahu bagaimana cara menyampaikan penyakit dan ketidaknyamanan yang mungkin mereka rasakan.

Deteksi dini kanker anak adalah kunci keberhasilan pengobatan pada anak-anak. Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui gejala dan jenis kanker yang dapat menyerang anak-anak, seperti yang dikutip dari kompas.com, Kamis 27 Desember 2018.

Leukemia

Jenis kanker ini memiliki jumlah kasus tertinggi di antara anak-anak. Aisyi mengatakan leukemia mempengaruhi tingkat rata-rata 2,8 dari 100.000 anak. Kanker ini bahkan dapat menyerang balita.

"Gejala leukemia adalah pucat, lemah, rewel, nafsu makan menurun drastis dan demam tanpa sebab. Tetapi kita juga perlu melihat apakah ada perubahan fisik dalam tubuh, seperti pembesaran hati, limpa dan kelenjar getah bening. Itu bisa menjadi leukemia, "kata Aisyi.


Retinoblastoma

Sesuai namanya, kanker retinoblastoma menyerang daerah mata, atau lebih tepatnya, retina. Kasus yang terjadi pada anak-anak mencapai angka 2,4, di setiap 100.000 anak. Aisyi mengatakan kanker ini biasanya menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Gejala kanker ini termasuk warna putih di pupil, mata yang tampak mencari arah yang berbeda, kemerahan dan pembengkakan. Jika tidak segera diobati, kanker ini bisa menjadi ganas dan dampaknya paling tidak akan menyebabkan kebutaan.
 

Osteosarkoma

Nama lain untuk kanker ini adalah kanker tulang. Kasus ini mempengaruhi 0,97 dari setiap 100.000 anak. Kanker ini ditandai dengan gejala nyeri tulang pada malam hari atau setelah melakukan aktivitas, serta pembengkakan dan kemerahan di sekitar tulang.

"Osteosarkoma hanya terjadi pada kaki dan lengan. Kanker ini menyerang anak laki-laki berusia 10 hingga 15 tahun. Dalam waktu tiga bulan dapat menyebar ke paru-paru dan itu sangat fatal. Pengobatannya adalah amputasi. Biasanya terjadi pada pria yang tinggi , "jelas Aisyi.
 

Limfoma ganas

Limfoma ganas adalah kanker yang menyerang jaringan getah bening, yang terjadi pada angka 0,75 pada setiap 100.000 anak. Kanker ini biasanya menyerang anak-anak berusia di atas 5 tahun.

Gejalanya ditandai dengan pembengkakan area di sekitar leher anak dengan diameter 2 hingga 3 sentimeter. Saat disentuh, benjolan tidak sakit dan bahkan cenderung normal. Namun, biasanya anak-anak akan mengalami demam dan keringat berlebih di malam hari.
 

Karsinoma nasofaring

“Karsinoma adalah kanker ganas di daerah antara hidung dan tenggorokan. Gejala awal yang harus diperhatikan adalah pilek bercampur darah, pilek dan air liur kental, hidung tersumbat, mimisan dan tuli,” kata Aisyi.

Jenis kanker ini memengaruhi setidaknya angka 0,43 anak dari setiap 100.000 anak.

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article