NEWS24.CO.ID

Lifestyle

Ini yang Bisa Dilakukan Agar Anak Mau Berbuat Baik Tanpa Pamrih

NEWS24.CO.ID

Ilustrasi Ilustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Berbuat baik dan menolong sesama hendaknya, diajarkan kepada anak sejak dini. Dalam hal ini, orangtua bisa menanamkan kebaikan hati melalui perilaku sederhana sejak anak masih kecil. Namun yang harus diingat, seorang anak harus dibiasakan melakukan kebaikan tanpa mengharapkan pamrih.

Menurut psikolog Kantiana Taslim, untuk mengajarkan kebaikan tanpa pamrih, penting bagi orangtua untuk selalu menekankan nilai-nilai kebaikan dengan cara yang sederhana. Mulai dari rasa bersyukur, saling berbagi, menolong dan lainnya. Metode sederhana itu bisa dilakukan secara rutin.

Dalam hal ini, orangtua bisa menekankan melalui ucapan kepada anak, bahwa kebaikan hati merupakan hal yang penting dalam hidup. Contohnya, untuk selalu bersyukur setiap hari atas apa yang mereka dapatkan.

"Ajarkan dan dampingi mereka dalam melakukan kebaikan. Misalnya berbagi dengan anak-anak di panti asuhan pada waktu-waktu rutin tertentu atau menolong teman atau saudaranya ketika membutuhkan bantuan," jelasnya, seperti dilansir republika.co.id, Kamis (20/12/2018). cerdaspoker

Ditambahkan psikolog alumnus Universitas Indonesia ini, Orangtua tidak perlu selalu memberikan hadiah untuk setiap aksi kebaikan yang dilakukan seorang anak. Bentuk penghargaan bisa dilakukan dengan memberikan pujian dan dukungan. Anak bisa bersikap baik hanya demi pamrih, ketika setiap tindakan kebaikan selalu dinilai dari materi. ***

NEWS24.CO.ID/RED/SIS

Loading...

Related Article