NEWS24.CO.ID

International

Lebih Dari 200 Kuburan Massal Korban ISIS Ditemukan di Irak, Satu Makam Berisi Ribuan Jenazah

NEWS24.CO.ID

Foto : Internet Foto : Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Lebih dari 200 kuburan massal telah ditemukan di Irak di daerah yang sebelumnya dikuasai oleh militan Negara Islam (ISIS), PBB mengatakan pada Selasa, 6 November.

Kuburan berisi sisa-sisa ribuan orang, diyakini menjadi korban dari kelompok garis keras yang tewas antara Juni dan Desember 2014, setelah ISIS menyerbu bagian utara Irak dan menyatakannya sebagai bagian dari apa yang disebut kekhalifahan.

Korban tewas termasuk wanita, anak-anak, orang tua dan para lansia, serta anggota pasukan bersenjata dan polisi Irak, kata laporan AS. PBB sebelumnya mengatakan bahwa hampir 33.000 warga sipil tewas oleh kelompok itu di Irak, dengan lebih dari 55.000 orang terluka.

Situs kuburan terkonsentrasi di empat provinsi - Ninewa, Kiruk, Salah al-Din dan Anbar - di bagian utara dan barat negara itu, dekat perbatasan dengan Suriah.

Negara Islam telah bercokol di daerah-daerah ini sampai kekalahan mereka pada bulan Desember 2017 oleh pasukan Irak yang didukung oleh koalisi pimpinan AS. Amerika Serikat memperkirakan antara 6.000-12.000 mayat berada dalam 202 makam yang didokumentasikan dalam laporan itu. Tetapi jumlah yang pasti sulit untuk ditetapkan, katanya, karena hanya 28 kuburan massal telah digali sejauh ini, dengan 1.258 mayat yang berhasil digali.

Kematian ini terjadi dalam apa yang disebut PBB sebagai kampanye kekerasan yang sistematis dan meluas, "yang mungkin termasuk kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida."

Selama tiga tahun pemerintahannya, kelompok itu menteror penduduk setempat, melakukan eksekusi yang dipublikasikan dengan baik oleh orang-orang yang ditargetkan untuk oposisi yang mereka anggap memiliki hubungan pemerintah, memiliki orientasi seksual yang melenceng dan banyak lagi.

Para militan juga menargetkan anggota etnis dan agama minoritas, termasuk orang Kristen dan Yazidi.

Kuburan massal terkecil, ditemukan di Mosul, berisi delapan mayat sementara yang terbesar, tempat pembuangan al-Khasfa di selatan Mosul, diperkirakan terdapat sekitar 4.000 mayat.

PBB mengatakan bahwa situs-situs tersebut harus dilindungi dari gangguan atau kontaminasi untuk memastikan keadilan dan akuntabilitas.

Tetapi badan pemerintah Irak yang ditugaskan untuk melestarikan kuburan massal mengatakan bahwa mereka kekurangan dana dan kekurangan tenaga, dan tidak dapat secara memadai melindungi dan menyelidiki situs-situs yang masih dipenuhi dengan tata cara yang tidak meledak.

"Menentukan keadaan di sekitar hilangnya nyawa yang signifikan akan menjadi langkah penting dalam proses perkabungan bagi keluarga dan perjalanan mereka untuk mengamankan hak mereka terhadap kebenaran dan keadilan," kata Perwakilan PBB untuk Irak Ján Kubis.

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article