NEWS24.CO.ID

Techno

Seorang Saksi Mata Mengatakan Pabrik Mobil Esemka Sudah Beroperasi di Jawa Tengah

NEWS24.CO.ID

Mobil Esemka Mobil Esemka
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -  Beberapa saksi mata mengatakan sebuah pabrik milik PT Solo Manufaktur Kreasi di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, telah mulai memproduksi mobil Esemka, yang menjadi berita utama pada tahun 2012 karena dikembangkan oleh sekolah kejuruan (SMK) di Surakarta.

Belasan truk pickup terlihat diparkir baru-baru ini di pabrik perusahaan di kecamatan Demangan, kabupaten Sambi. Beberapa orang juga terlihat melakukan kegiatan di daerah itu, sesuatu yang belum pernah dilakukan selama berbulan-bulan.

Pabrik yang berdiri di atas 14 hektar lahan milik administrasi kecamatan, terletak jauh dari daerah pemukiman. Menurut para saksi, pabrik tersebut baru mulai beroperasi beberapa bulan yang lalu.

Perusahaan ini sangat merahasiakan tentang kegiatan yang terjadi di sana karena tidak ada pernyataan resmi yang dikeluarkan. Bahkan jurnalis juga tidak diizinkan masuk ke pabrik dan fotografer dilarang mengambil foto.

Kepala kecamatan Demangan Wijiyanto mengatakan dia telah mengunjungi pabrik dua kali tetapi tidak menemukan kegiatan di sana. "Sampai sekarang, saya tidak tahu apa-apa tentang pabrik itu," tambahnya.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mempromosikan Esemka sebagai mobil dinasnya selama masa jabatannya sebagai walikota Surakarta.

Mobil Esemka kembali disorot ketika pasangan Jokowi, Ma'ruf Amin, baru-baru ini mengatakan bahwa produksi massal kendaraan akan dimulai pada bulan Oktober 2018. Pengumuman itu menimbulkan keributan di antara partai-partai oposisi, yang datang begitu cepat menjelang pemilihan presiden 2019.

Jokowi kemudian menekankan pada akun Instagram-nya @jokowi pada 25 Oktober bahwa pemerintah tidak terlibat dalam produksi mobil, dan bahwa industri otomotif sepenuhnya bertanggung jawab untuk mengembangkan mobil.

Bupati Boyolali Seno Samodro mengatakan perusahaan telah menginvestasikan Rp 2,1 triliun (USD 140,42 juta) di pabrik ketika pembangunan dimulai pada 2016.

"Ini pasti berlokasi di Boyolali, tapi saya tidak mengikuti kegiatannya," tambahnya.

Sekretaris administrasi Demangan, Suyamto mengatakan perusahaan telah menyewa tanah petak selama 30 tahun dari administrasi kecamatan seharga Rp 1.000 per meter persegi.

“Total pembayaran untuk tiga tahun pertama adalah Rp 114 juta dan diperbarui setiap tiga tahun,” tambah Suyamto.

Sukiyat, seorang pengusaha yang mensponsori mobil Esemka, mengatakan dia juga tidak terlibat dalam produksi kendaraan di Boyolali. Dia juga meminta orang-orang untuk tidak menyalahkan Jokowi atau dirinya sendiri, mengatakan bahwa "momen untuk Esemka telah berlalu".

“Saya menghasilkan Esemka hanya untuk mentransfer pengetahuan kepada siswa SMK,” tambahnya. “Saya sekarang fokus pada kendaraan pedesaan Mahesa. Saya ingin orang pedesaan meningkatkan produktivitas mereka. ”

Sukiyat mengacu pada pembuat truk Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) di mana dia adalah komisaris utama.

KMWI memproduksi truk pickup ringan yang disebut AMMdes, yang merupakan bagian dari program yang disponsori Kementerian Perindustrian untuk menyediakan sarana transportasi yang lebih terjangkau bagi masyarakat pedesaan.

Dengan volume mesin 500 cc, truk tersebut dapat mengangkut barang-barang pertanian hingga 700 kilogram dan juga dapat digunakan sebagai penggilingan padi bergerak.

Pada tahap awal, KMWI akan memproduksi 3.000 hingga 6.000 AMMdes per tahun hingga akhir tahun depan. Kapasitas produksi akan ditingkatkan dari 12.000 menjadi 15.000 unit pada 2020. Dengan harga sekitar Rp 70 juta per unit, AMMdes jauh lebih murah daripada truk pickup ringan reguler, yang harganya setidaknya Rp 125 juta.

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article