NEWS24.CO.ID

International

Portir Pakistan: master tanpa tanda jasa dari pegunungan

NEWS24.CO.ID

Gunung K2 Gunung K2
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Fazal Ali adalah satu-satunya orang yang pernah menaklukkan puncak gunung tertinggi, K2 di Pakistan sebanyak tiga kali, tetapi prestasi Fazal Ali tidaklah terlalu dikenal, seperti yang dilakukan oleh banyak rekan porternya yang mempertaruhkan nyawa di puncak tertinggi Pakistan.

Sebagai salah satu dari segelintir elite di negara Pakistan yang mengkhususkan diri dalam ekspedisi ketinggian, pria berusia 40 tahun itu telah menghabiskan hampir dua dekade hiduonya di lereng paling mematikan Pakistan dengan merencanakan rute, membawa peralatan dan memasak untuk para klien.

Pada ketinggian 8.611 meter (28.251 kaki), gunung K2 tidak setinggi Gunung Everest yang hanya memiliki tinggi sekitar 8.848 meter. Namun tantangan teknisnya telah membuat gunung tersebut mendapat julukan "Gunung Buas" dan lusinan orang telah kehilangan nyawa mereka di sisi gunugn yang dingin dan terjal.

Ali menaklukkan K2 pada tahun 2014, 2017 dan 2018 - semuanya tanpa tambahan oksigen.

"Dia adalah satu-satunya pendaki dengan pencapaian sehebat ini," kata Eberhard Jurgalski dari Guinness World Records.

Sementara pendaki asing telah memenangkan pujian untuk prestasi mereka, Ali dan rekan-rekannya diabaikan, bahkan di antara komunitas pendaki gunung. "Saya senang," kata Ali kepada AFP. "Tapi aku juga sedih karena prestasi saya tidak akan pernah benar-benar dihargai."

Dia adalah salah satu dari sekian banyak kuli di ketinggian yang bekerja pada ekspedisi asing ke Pakistan utara, sebuah wilayah terpencil yang menjadi rumah bagi tiga gunung tertinggi di dunia, Himalaya, Karakoram dan Hindu Kush.

Dipilih karena ketahanan dan pengetahuan tentang medan yang sangat sulit, porter melacak rute untuk pendaki dan memperbaiki tali untuk pendakian mereka. Mereka juga membawa makanan dan persediaan di punggung mereka dan mendirikan tenda bagi klien mereka.

Namun, begitu pendaki gunung kembali ke rumah, porter - yang biasanya sangat diperlukan selama ekspedisi - sering merasa terlupakan.

"Ketika mereka tiba, mereka datang dengan niat baik dan mereka membuat banyak janji," kata Ali. "Tapi begitu mereka mencapai tujuan mereka, mereka melupakan segalanya."

Satu insiden telah meninggalkan Ali dengan rasa pahit di hatinya: saat itu dia tiba di puncak K2 dengan pendaki asal Barat, tetapi alih-alih berfoto bersama, dia berpose sendirian dengan membawa bendera negara di tangannya.

"Dia memerintahkan kami untuk mengambil gambar dan ia berada di kejauhan," katanya, menambahkan episode itu menyebabkan perselisihan antara pendaki dan porter Nepal yang juga ada di sana.

Ali, seperti banyak porter di Pakistan, lahir di Lembah Shimshal yang terpencil di utara negara itu, di dekat perbatasan Cina. Desa itu adalah rumah bagi 140 keluarga, dan desa Ali telah menghasilkan banyak pendaki gunung terkemuka di negara itu, termasuk Rajab Shah, pria Pakistan pertama yang menskalakan lima puncak gunung yang memiliki tinggi lebih dari 8.000 meter di negara tersebut.

Rehmatullah Baig, yang menaklukkan K2 pada tahun 2014 juga berasal dari Shimshal.

"Aku seharusnya bahagia, tapi aku tidak," kata Baig.

"Jika saya diakui, jika pendaki gunung dari Pakistan diakui, atau jika mereka menikmati sedikit pengakuan atau memberikan sedikit bantuan keuangan, mereka akan mendaki semua puncak yang memiliki tinggi lebih 8.000 meter di seluruh dunia," katanya.

Ayah Baig adalah orang pertama dari Shimshal yang mengejar pendakian gunung yang mematikan, tetapi dia sekarang memberitahu anak-anaknya untuk tidak mengikuti jejaknya. Sumber utama kebencian di antara Ali dan rekan-rekannya adalah keyakinan mereka bahwa mereka diperlakukan lebih buruk daripada rekan-rekan mereka di Nepal.

Jika terjadi kecelakaan, portir Pakistan jarang mendapat penyelamatan oleh atasan mereka.

Di Nepal, pemandu lokal yang memenuhi syarat akan mendapatkan kompensasi sekitar USD 12.700 (Rp. 190 juta) lewat asuransi jiwa dari pemerintah setelah pekerja gunung berhasil melobi untuk peningkatan kesejahteraan setelah longsoran salju pada tahun 2014 menewaskan 16 porter di Gunung Everest.

Sementara para porter di Pakistan yang beruntung hanya mendapatkan polis asuransi jiwa senilai USD 1.500 (Rp. 23 juta), menurut Alpine Club of Pakistan.

Pakar gunung setuju bahwa pekerja Pakistan harus lebih terlatih dan didukung oleh pemerintah. Pendaki gunung Jerman Christiane Fladt, yang menulis sebuah buku tentang Shimshal, mengatakan bahwa portir Pakistan "harus mengatur diri mereka sendiri dalam serikat pekerja untuk menekan tuntutan keuangan mereka".

Pada tahun 2008, dua porter asal Shimshal termasuk di antara 11 orang yang meninggal pada hari yang sama dalam bencana terburuk untuk memukul K2. Salah satunya, Fazal Karim yang jatuh bersama pendaki gunung Prancis, Hugues d'Aubarede saat mereka turun dari puncak. Tubuh Karim tidak pernah ditemukan hingga kini.

Istrinya Haji Parveen, mengatakan sebelumnya dia mencoba  untuk mencegah Karim melakukan ekspedisi.

"Aku memberitahunya, 'Kami memiliki kehidupan yang baik di sini dan kami hidup berkecukupan', tetapi dia tidak mendengarkanku," katanya lembut.

Karim adalah seorang pekerja terampil, pemilik pabrik penggergajian di desa, di mana dia juga membuka toko untuk istrinya. Setelah kepergiannya, istrinya kini harus menjual penggilingan untuk membiayai pendidikan anak-anak mereka. Menurut Parveen, baik perusahaan ekspedisi maupun para pendaki gunung asal Barat yang ikut dalam perjalanan itu tidak memberinya bantuan.

Sekarang anak sulungnya, yang belajar di Karachi, ingin menjadi porter seperti ayahnya. "Dia berbicara tentang hal itu setiap kali dia pulang dan berkata dia ingin menjadi seperti ayahnya. Tapi kami memarahinya karena kami membenci gunung: itu tidak berguna, menjadi seorang porter tidak akan menghasilkan apa-apa."

 

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article