NEWS24.CO.ID

Techno

Peneliti Temukan Dua Patung Megalitikum di Papua

NEWS24.CO.ID

Ilustrasi Ilustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Sebuah tim peneliti dari Pusat Arkeologi Papua berhasil menemukan dua patung megalitik dari era Polinesia di situs Bukit Srobu atau Bukit Srobu, di Jayapura, Papua.

“Temuan ini luar biasa dan unik karena berbeda dari patung-patung lain yang kami temukan di daerah lain di Papua,” peneliti dari Pusat Arkeologi Papua Erlin Novita Idje Djami di Kota Jayapura, Rabu, 31 Oktober.

Menurut Erlin, kedua arca tersebut bergaya Polinesia, tetapi ia lebih suka menyebutnya patung-patung megalitik Papua Srobu. Kedua patung itu setinggi satu meter dan berat sekitar 50-60 Kilogram. Erlin mengungkapkan bahwa Situs Gunung Srobu adalah salah satu situs penting di Jayapura. Situs ini terletak di Teluk Youtefa.

Awal penemuan adalah pada bulan Februari 2014, ketika Pusat Arkeologi diberitahu tentang tulang yang ditemukan di Gunung Srobu. Masyarakat percaya bahwa itu adalah tulang belulang dari tentara Jepang.

Sejak saat itu, Pusat Arkeologi Papua bersama dengan pejabat dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Papua memeriksa kebenaran informasi tersebut. Mereka menemukan berbagai benda budaya, seperti pecahan tembikar, peralatan batu, dan juga tumpukan cangkang moluska.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article