NEWS24.CO.ID

Crime

Video Penculikan Palsu Memicu Ketakutan di Kalangan Orang Tua

NEWS24.CO.ID

Ilustrasi Ilustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Pesan dan video dari dugaan penculik anak yang beraksi baru-baru ini menyebar seperti api di media sosial dan grup obrolan, memicu ketakutan di kalangan orang tua meskipun ada laporan yang menyatakan bahwa penculikan itu adalah berita palsu.

Ria Anggraeni, misalnya. Ria yang merupakan seorang ibu rumah tangga berusia 24 tahun di Jakarta Utara, mengatakan pesan-pesan itu sangat mengganggu dan membuatnya lebih protektif terhadap putranya yang berusia 4 tahun.

“Ya, itu membuatku khawatir. Itu sebabnya setiap kali anak saya keluar, saya selalu mengawasinya, ”kata Ria seperti dikutip dari Kompas pada hari Rabu, 31 Oktober 2018.

Dia mengatakan dia memastikan bahwa putranya hanya bermain di sekitar rumah atau di tetangganya, yang juga mertuanya. Ria menambahkan bahwa dia telah menerima pesan peringatan di WhatsApp dan melihat video dugaan penculikan di Facebook, tetapi menahan diri untuk membagikannya karena dia tahu bahwa mungkin berita itu tidak otentik.

“Mereka sedikit mengganggu tetapi menakutkan pada saat yang sama. Tetapi di sisi baiknya, mereka mengingatkan orang tua untuk lebih ekstra hati-hati mengawasi anak-anaknya, ”katanya, dan mendesak orang lain untuk mengkonfirmasi keabsahan setiap informasi yang mereka temui di media sosial sebelum membagikannya.

Kekhawatiran serupa juga disuarakan oleh Syahrul, 35, seorang karyawan dari perusahaan swasta yang juga merupakan warga Penjaringan, Jakarta Utara. Seperti kebanyakan orang tua, dia mengatakan bahwa dia sering menerima pesan dan video melalui WhatsApp atau Instagram untuk memperingatkan dia terhadap penculik.

Salah satunya datang dalam bentuk pengumuman yang mengklaim bahwa kasus penculikan anak di Jabodetabek sedang meningkat. Ia bahkan menawarkan tips tentang cara mencegah penculikan. Pesan-pesan lain yang ia terima antara lain video amatir dari para penculik yang diduga diseret dan dipukuli oleh warga.

Sebuah video berdurasi 48 detik telah menjadi viral di media sosial dan grup obrolan WhatsApp. Video tersebut menunjukkan seorang wanita yang dituduh menculik seorang anak di Kedaung, Tangerang Selatan, Banten.

Namun, polisi, melalui akun Twitter @DivHumas_Polri mengklarifikasi bahwa video itu bukan penculikan, tetapi wanita ini menyandera anak tersebut. Dan kejadian itu sendiri terjadi di Jambi sekitar 10 tahun yang lalu.

Syahrul, ayah dari seorang anak laki-laki berusia 7 tahun mengatakan dia tidak mempercayai pesan yang dia terima tentang dugaan penculikan, tetapi mengakui bahwa beberapa video dan pesan telah cukup meyakinkan baginya untuk berbagi di media sosial.

"Saat ini, dengan orang-orang media sosial ingin tahu lebih banyak dan hal tersebut membantu menyebarkan informasi seperti itu dengan mudah," katanya.

Data dari Asosiasi Penyedia Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa pada tahun 2017, dari penduduk Indonesia yang berjumlah 262 juta, 143,26 juta memiliki akses ke internet.

Juru bicara Kepolisian Jakarta, Kombes Pol. Argo Yuwono mengatakan polisi belum menemukan kasus penculikan anak baru-baru ini. Dia juga memperingatkan warga untuk tidak langsung percaya terhadap pesan atau video penculikan yang mereka temukan di media sosial.

"Beberapa dari [video] yang tersebar di media sosial adalah kasus lama dari luar Jakarta," kata Argo pada hari Selasa.

Dia mengatakan bahwa siaran semacam itu dibuat untuk memicu ketakutan di antara orang-orang, terutama bagi orang tua. "Jika Anda melihat video atau membaca tentang sesuatu, Anda harus memeriksa tanggal dan tahun," katanya, menambahkan bahwa penduduk harus menahan diri dari berbagi informasi yang mereka terima sebelum memeriksa validitasnya.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article